Pelatihan Formulasi Pakan


Tanggal 7-8 April 2016 lalu,  kembali U.S. GRAIN Council mengadakan Pelatihan Formulasi Pakan di Palembang. Setelah sebelumnya sukses mengadakan acara serupa di beberapa kota lainnya di Indonesia seperti Bogor, Solo, dan Blitar. Kegiatan yang diadakan di Palembang ini berlangsung atas kerjasama yang baik antara PINSAR Indonesia Cabang Sumatera Selatan dan Asosiasi Masyarakat Perunggasan Sumatera Selatan.

Acara ini diikuti oleh 20 orang peserta. Jumlah peserta ini memang sengaja dibatasi agar kelas pelatihan yang dibuat menjadi efektif. Seperti disampaikan oleh Andi selaku ketua pelaksana dan juga ketua Bidang Layer Pinsar Sumsel, “Peserta ini merupakan peternak layer yang self mixing atau berminat serius untuk melaksanakan self mixing dalam proses formulasi pakan di farm masing-masing. Pelatihan ini dibimbing Prof. Budi Tangendjaja selaku konsultan U.S. GRAIN Council di Indonesia,” tuturnya.

“Ini adalah tahap awal bagi peternak memahami maksud dan tujuan self mixing serta memperoleh keuntungan dari self mixing. Kita berikan program sederhana dan mudah untuk diaplikasikan, mulai dari mengenal dan memilih bahan baku sampai memformulasikannya sehingga didapatkan pakan yang sesuai dengan kebutuhan ayam itu sendiri,” tutur Budi Tangendjaja.

Sementara itu Ismaidi yang merupakan Ketua Pinsar Sumsel menambahkan, “Kita memang minta kepada Pinsar Pusat agar kegiatan ini diadakan di Palembang. Karena kita juga punya potensi dari populasi ayam petelur, hal ini merupakan pasar tersendiri bagi penjual bahan baku pakan. Selain itu, ada keinginan dan permintaan dari peternak anggota kita,” tutur Ismaidi. Ia menambahkan bahwa kedepannya kegiatan ini hendaknya rutin dilakukan di Sumsel.

Herman Liaw seorang peternak layer atau lebih akrab dipanggil ko Aliong mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan bermafaat bagi peternak. Ditambahkan oleh Aliong, Kedepansebaiknya direncanakan lebih matang dan diagendakan sehingga banyak peternak bisa ikut serta dam belajar lebih banyak. Manfaatnya luar biasa jika diaplikasikan di farm kita. Ismaidi.

Caption : Para peserta pelatihan berfoto bersama.