Pemerintah Serius Kembangkan Perbibitan


Perbibitan memegang peranan penting pada pembangunan sub sektor peternakan dan kesehatan hewan. Ternak yang unggul dihasilkan dari bibit ternak yang unggul dan menghasilkan turunan yang unggul. Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan kembali melakukan acara Temu Koordinasi Kehumasan Tahun 2016 yang diselenggarakan di Palembang (6-7 April).

Di hari kedua, para peserta Temu Koordinasi Kehumasan yang terdiri dari para wartawan dan humas diajak untuk melihat secara langsung pembibitan yang dimiliki oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU HPT) Sembawa. Perbibitan yang dilakukan oleh BPTU HPT ialah pembibitan sapi dari bangsa Brahman dan beberapa ayam lokal, seperti ayam Kapas, ayam Merawang, ayam Arab. Di mana hasil dari perbibitan tersebut yakni DOC FS (Day Old Chick/anak ayam umur sehari) dan bakalan sapi didistribusikan ke para peternak di seluruh Indonesia yang membutuhkan.

Sekretaris Ditjen PKH, Dr. Ir. Riwantoro, MM pada sambutannya menyampaikan bahwa negara harus hadir di bidang perbibitan. Peran kehumasan harus mensosialisasikan kehadiran negara di bidang perbibitan. "Negara ada dan hadir di bidang perbibitan," ungkap Riwantoro.

Sementara sehari sebelumnya, dilakukan seminar kehumasan yang mengangkat tema mengenai “Kebijakan Pembangunan Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2016 dalam Mendukung Kebijakan Pangan Asal Ternak.

Hadir pada kesempatan tersebut para pejabat yang menangani fungsi kehumasan dan fungsional humas dari berbagai Eselon I lingkup Kementerian Pertanian, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik yg menyampaikan tentang Paradigma Baru Kehumasan di Kementan. Hadir pula Kepala Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Sembawa menyampaikan BPTU HPT Sembawa sebagai center of excellent. Pembicara tamu dalam acara tersebut yaitu Bapak Suryo Pratomo, Direktur Pemberitaan Metro TV yang menyampaikan Kebijakan Publik di era keterbukaan. Aulia.

Caption : peserta Temu Koordinasi Kehumasan berfoto bersama pembicara tamu Suryo Pratomo.