Pentingnya Aspek Halal dalam Hadapi WTO


Tidak bisa dipungkiri, aspek halal merupakan hal yang sangat penting dalam pemotongan hewan, bahkan menjadi salah satu aspek yang dapat digunakan dalam menangkal derasnya produk impor.

            Dalam menghadapi gugatan Brazil ke WTO misalnya, aspek halal dapat digunakan sebagai barrier utama. Hal tersebut disampaikan oleh Suparman Sastrodimedjo, perwakilan GAPPI (Gabungan Asosiasi Pengusaha Perunggasan Indonesia) di Bogor pada acara pertemuan pengembangan standardisasi produk hewan yang membahas konsolidasi standar penyembelihan halal pada sapi dan unggas, Kamis (21/4).

            "Cuma di Indonesia, rotary blade tidak digunakan, disini semua penyembelihan dilakukan secara manual oleh JULEHA (Juru Sembelih Halal), menurut saya itu suatu yang baik dan patut dipertahankan," paparnya.

            Yang juga jadi masalah adalah, fluktuasi serta angka konsumsi daging ayam yang masih rendah, saat ini kurang lebih konsumsi daging ayam masyarakat Indonesia mendekati angka 10 kg per kapita per tahun, angka yang sangat rendah dari Malaysia yang mencapai 40 kg per kapita per tahun. Selama angka ini masih rendah, maka Indonesia akan terus menjadi target empuk pemasaran produk luar negeri.

            Sementara itu Ketua Umum Asosiasi Rumah Potong Hewan Unggas, Achmad Dawami mengatakan bahwa pemerintah sudah seoptimal mungkin menjaga supaya import tidak bisa masuk. Indonesia harus introspeksi diri apakah bisa melindungi perunggasan dalam negeri atau tidak? Tapi Ia berujar bahwa kita juga harus berusaha mulai memperbaiki diri, terutama dalam pengawasan dan kontrol.

            “Kemarin – kemarin saya keliling ke RPA – RPA di Pulau Jawa, DKI saja masih begitu (belum tertata), Purwokerto, Pekalongan, dll semuanya hampir sama. Okelah ayamnya dipotong oleh JULEHA, baca bismillah, tapi habis gitu ayamnya dibanting, darah muncrat kemana–mana, tidak ada penerapan animal welfare disitu, dan itu harus diawasi. Jangan lupa, selain halal, makanan yang kita makan juga harus thoyib (baik),” pungkasnya. Cholill.

 

Ada ilustrasi

Caption : Pertemuan membahas aspek pemotongan halal